Ini 5 Tren Digital Marketing Terbaik di Tahun 2020

Digital marketing menjadi salah satu strategi terbaik di tengah ketatnya persaingan dunia bisnis. Oleh sebab itu, untuk bisa bersaing dengan para kompetitor, Anda wajib mengikuti tren terbaru tentang strategi digital marketing di tahun 2020 ini.

Luangkan waktu sejenak untuk berpikir kritis soal bagaimana dampak perubahan teknologi terhadap bisnis yang sedang Anda geluti saat ini. Kemudian, coba manfaatkan teknik-teknik bisnis yang sedang berkembang di luar sana.

Tak lupa juga prediksikan ke mana arah teknologi tersebut di masa depan nanti. Dijamin, bisnis Anda akan tumbuh secara signifikan jika Anda secara aktif menjangkau konsumen baru menggunakan beberapa tren berikut ini.

  1. Chatbot

Seiring perkembangan era digital seperti saat ini, tak sedikit perusahaan yang menggunakan tools chatbot. Digital marketing satu ini merupakan program perangkat lunak yang mampu berinteraksi dengan setiap pengunjung situs web perusahaan Anda.

Chatbot memiliki kemampuan berkomunikasi secara alami dengan orang-orang yang melihat informasi dalam situs Anda dan menjawab pertanyaan mereka secara real-time. Aplikasi ini menggunakan interaksi verbal atau jendela obrolan untuk membantu pengunjung web menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Chatbot dianggap lebih murah dan efektif ketimbang menyewa seseorang atau customer service untuk memantau dan berkomunikasi dengan calon konsumen. Selain itu, chatbot bisa menjawab pertanyaan atas nama Anda secara otomatis dan natural. Cara ini cenderung disukai oleh konsumen karena dinilai sebagai pelayanan yang sempurna karena disertai personalisasi dalam menjawab pertanyaan mereka.

  • Growth digital marketing

Diperkirakan, industri perangkat lunak digital global akan tumbuh sebesar USD 74,96 miliar pada tahun 2020 dan selama beberapa tahun ke depan. Hal ini menyebabkan lebih banyak uang yang akan disalurkan untuk pemasaran digital.

Berdasarkan fakta di lapangan, pertumbuhan pemasaran digital ini mampu menghasilkan bentuk pemasaran yang disebut dengan agile marketing. Bentuk pemasaran satu ini mengukur seberapa efisien suatu perusahaan atau brand dalam mencapai target pemasarannya.

Agile marketing ini pun kian populer di media sosial. Apalagi sejak brand dan marketer menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk sekadar mencari cara agar bisa terhubung dan berkomunikasi di beberapa platform. Di antaranya,seperti Facebook dan juga Twitter. Pasalnya, kanal ini memberikan wawasan dan data yang akurat tentang jenis konten apa yang bekerja sekaligus cara terbaik untuk membuatnya.

  • Hyper targeted advertising

Saat ini, para pengusaha memang kerap menggunakan iklan digital untuk memasarkan produknya. Namun, apakah Anda pernah menemukan digital advertising yang benar-benar menjengkelkan karena tidak ada hubungannya dengan Anda? Karena itu, tak sedikit pengguna online cenderung mengabaikan iklan seperti ini dan akhirnya membenci produk tersebut.

Melihat kondisi di atas, banyak perusahaan yang akhirnya menyadari pentingnya hyper targeted advertising untuk strategi pemasaran perusahaannya. Diperkirakan, pada tahun 2020 ini akan semakin banyak perusahaan yang mempersiapkan iklan hanya untuk target audiens yang relevan.

  • Artificial Intelligence

Digital marketing satu ini mengacu pada robot atau mesin yang memiliki kemampuan tinggi untuk bekerja seperti manusia. Artificial Intelligence juga disebut kecerdasan buatan yang menggunakan kombinasi fitur seperti, chatbots dan audio untuk melayani konsumen secara cepat.

Contoh artificial intelligence yang cukup dikenal adalah Siri dan Alexa. Mereka adalah asisten suara yang memberikan layanan pelanggan cukup baik. Sama halnya seperti manusia, mereka juga bisa menerima pesanan dari pengguna dan bekerja di belakang layar atas nama mereka sendiri.

Cara kerja robot AI ini menggunakan sensor dan input manusia untuk mengumpulkan fakta serta data tentang suatu situasi. Mereka juga bisa mengumpulkan atau menyimpan data pencarian untuk meningkatkan pengalaman pengguna di masa depan.

  • Video marketing

Survei yang dilakukan oleh Wyzowl menyatakan, bahwa sekitar 95 persen orang telah menonton video yang menjelaskan produk atau perusahaan mereka. Dengan kata lain, melalui penerbitan video buatan sendiri, perusahaan terlibat secara langsung dengan konsumen mereka.

Salah satu konten video marketing yang kini tengah digemari adalah video company profile. Alasannya cukup sederhana, video company profile mampu menunjukkan identitas suatu perusahaan atau produk dengan cara yang lebih menarik karena disajikan dalam bentuk audio visual.

Video company profile seperti ini tak hanya menampilkan mengenai perusahaan saja, tapi juga beberapa testimoni dari para konsumen. Secara tidak langsung, komentar positif seperti ini menarik calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

Membuat company profile sebagai video marketing yang menarik tentunya tak mudah. Banyak kemampuan yang harus Anda miliki. Bukan hanya sekadar merekam langsung jadi, masih ada proses lain untuk menjadikan video company profile Anda tampak menarik bagi konsumen.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyewa jasa perusahaan penyedia layanan pembuatan video demi hasil company profile yang bagus dan menarik. 

Demikian informasi seputar tren digital marketing terbaik di tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *